Kamis, 24 Februari 2011

Menggagas Pengajaran Puisi Yang Menyenangkan

Gagasan untuk membuat pengajaran sastra lebih khusus pada pengajaran puisi yang menyenangkan yang dilontarkan MGMP Hari Senin, 21 Februari 2011 dalam forum pemberdayaan MGMP di SMA N 1 Mlonggo beberapa waktu lalu kelihatan sangat menarik. Tapi lagi-lagi kembali pada tokoh sentral dalam pembelajaran yakni guru. Kita menyadari bahwa tidak semua rekan guru bahasa Indonesia produktif mencipta puisi. Bagaimana mungkin seorang guru memberi tugas untuk membuat puisi sementara sang guru sendiri tak menghasilkan karya, lalu membacakan di hadapan siswa sebgai contoh. Kemudian diapresiasi tentang kelebihan dan kekurangan. Bila itu dapat dilaksanakan akan merupakan awal dari pembelajaaran puisi yang menyenangkan. Pada berikutnya akan memacu kreasi siswa.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

nama:siti sholikhati
kelas:ips2

kritik dari saya pemblajaran puisi bagi siswa sekarang kurang karna siswa belun paham dan kurang tau pembuatan puisi yang menyenangkan karna contoh dan kreativitas siswa kurang.
saran pengajaran puisi yang menyenangkan siswa harus diberi contoh oleh pengajar dan diberi kebebasan dalam menentukan tema puisi supaya kreativitas siswa bisa tersalurkan tanpa ada beban.
terimakasih dan mohon maaf bila ada kesalahan dari kritik dan saran dari saya.

yeni marwiyatul. k mengatakan...

perlu di tingkatkan,supaya siswa berminat mengikuti teater.




by: kurnia ningsih
kls: xll.ips2