Rabu, 19 Desember 2012

Sinopsis Ayahku Pulang

   

"Ayahku Pulang " adalah naskah karya Umar Ismail. Cerita diawali dengan kerinduan seorang ibu bernama Tina yang rindu  akan suaminya yang telah lama pergi di hari lebaran seperti hari lebaran sekarang ini tanpa meninggalkan sepatah kata pun. Namun kondisi ibu untuk mengingat suaminya mendapat tantangan keras dari anak laki-lakinya Gunarto yang merasakan sejak kecil menderita karena ditinggalkannya. Gunarto merasa tak ada gunanya mengingat lagi orang yang sudah tidak ingat keluarga. Gunarto merasa besar sendiri tanpa bimbingan ayahnya. Karena itu Gunarto selulu mengalihkan pembicaraan tentang adik-adiknya ketika pembicaraan mengarah Saleh ayahnya.
Perdebatan semakin seru setelah setelah adiknya Maemun mendengar kabar bahwa ada seorang tua yang konon mirip orang tuanya. Kabar dibawa oleh Pak Tirto. Ibu merasa yakin mungkin benar juga ia kembali. Namun, Gunarto merasa tidak percaya. Perang  kata-kata tentang keberadaan orang tuanya semakin seru setelah adik yang perempuan Mintarsih pulang yang menceritakan ada orang tua seperti pengemis yang memandangi rumahnya. Gunarto dan Maimun tak percaya ingin membuktikan ucapan adiknya, namun tak mendapatkan apa-apa. Ibu yakin bahwa itu mungkin suaminya yang lama telah pergi di malam hari raya seperti ini.
Tak disangka suaminya R.Saleh pulang dengan penampilan beda seperti pengemis tidak seperti dulu kaya raya. Ibu kaget hampir tak percaya namun senang lalu menyuruh Saleh untuk masuk dan memerintahkan anak-anaknya untuk mendekat. Namun Gunarto sendiri yang acuh. Kebencian kepada ayahnya yang lama dipendam dilampiaskan. Itu semua karena penderitaan yang dialami selama ditinggalkan ayahnya. Pelampiasan kemarahan memuncak dengan menghina kepada orang tuanya sendiri. Melihat kenyataan itu R.Saleh pergi  pergi tak tahan mendengar hinaan. Maemun bersaha mengejar ayahnya namun terlambat ternyata ayahnya telah pulang untuk selama-lamanya hanya meninggalkan kopiah dan baju saja.
Gunarto baru sadar ia penyebab ayahnya bunuh diri terjun ke dalam sungai adalah dirinya. Gunarto menyesali apa yang telah ia lakukan kepada ayah kandungnya sendiri.
 Naskah itu yang digarap Teater Tekad Kaps dalam Festival Teater di Museum Kartini tanggal 21 Desember 2012. Dengan mengajajukan nominasi sebagai berikut:

PEMERAN PEMENTASAN NASKAH “AYAHKU PULANG”
KARYA UMAR ISMAIL
Digarap Oleh:
Teater Tekad Kaps SMAN 1 Mayong
 Pemeran:
1.      Aktor                                       :  Novianto Nugroho pemeran Gunarto
2.      Aktris                                      :  Dwi Nur Azizah  pemeran Ibu                   
3.      Peran Pembantu Pria               :  Ahmad Koirun Niam pemeran Ayah
4.      Peran Pembantu Wanita          :  Yuliana Safitri pemeran Mintarsih
5.      Ilustasi Musik                          :  Muhammad Sukron Falah
6.      Artistik                                    :  Sugeng, S.Pd.
7.      Sutradara                                 :  Syafiq Setiawan



Mayong, 20 Desember 2012
Pembina,

Sugeng, S.Pd.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Permisi Kak. Teks drama ini Ada bukunya ngga?

Sugeng Pati mengatakan...

Ada buku naskah drama dalam buku teks bahasa Indonesia kurikulum lama