Kamis, 28 Oktober 2010

MANDI API



Mandi Api merupakan kumpulan cerpen karya Gde Aryantha Soethama. Mandi Api merupakan salah satu cerpen diantara itu. Mandi Api menceritakan Durma rencana menentang untuk pembangunan penginapan di desanya. Durma berpura-pura kesurupan mengamuk, mencari pemamangku atau pemimpin upacara keagamaan. Tradisi bila ada orang kesurupan mereka harus diuji untuk mandi api. Bila benar bila benar kesurupan maka ia tidak akan terbakar saat mandi api. Durma sudah siap untuk dimandikan api. Pada saat itu Durma sudah ketakutan kalau benar dimasukkan di api maka ia akan benar-benar terbakar. Untung ketika upacara mau dilkukan pemangku kesurupan sehingga Durma dibiarkan, semua mengurusi pemangku. Durma kemudian diseret temannya untuk diselamatkan. Durma akhirnya selamat.
Mandi Api dipresentasikan pengarangnya pada acara Loka Karya Apresiasi Sastra Daerah atau APRESDA di Cisarua Bogor 27 Oktober 2010.

4 komentar:

esmi mengatakan...

cerpen ini bagus karena masih terdapat unsur adat-istiadat didalamnya yang menunjukan bahwa masih ada rasa bangga terhadap peninggalan nenek moyang,seperti upacara adat yang masih dilakukan dalam cerita.

esmi mengatakan...

b

Khoirul Hasan mengatakan...

menurut saya cerpen mandi api sangat bagus dibaca bagi semua kalangan karena dalam cerpen tersebut mengandung unsur keberanian seseorang dalam melawan hal-hal yang tidak diinginkan dan dalam cerpen tersebut mengandung unsur tersirat dalam kehidupan nyata.
terima kasih.

Sugeng Pati mengatakan...

belum ada komentar